25 Cara Mengobat Mata Merah Dengan Alami dan Tradisional


Sakit mata adalah gangguan pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit. Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri, karena saat kita mengalaminya, biasanya mata kita akan memerah, bengkak dan belekan. 

Selama ini, sakit mata dipercaya diyakini dapat menular melalui suatu kontak, baik secara langsung mapun sebaliknya.

Namun tahukah kamu, ternyata sakit mata itu ada beberapa jenis juga penyebabnya, dan tidak semua sakit mata itu menular.

Jenis Penyebab dan Gejala Sakit Mata
Sebelum membahas bagaimana cara mengobati sakit mata merah dan belekan , mari kita bahas dari satu-satu, mulai dari jenis dan penyebab sakit mata.


1. Viral Conjunctivitis
merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. Namun tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening dan encer dari mata.

2. Sakit mata karena bakteri
Sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius.

Karena jika tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari cairan yang dikeluarkan.

Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (belekan).

Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yang menular.

3. Sakit mata karena Alergi
Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata.

4. Sakit mata karena iritasi
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.


Cara Mengobati Sakit Mata berdasarkan penyebabnya
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, dan penyebab yang berbeda.

Untuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis dan penyebabnya.

1. Viral Conjunctivitis
Untuk mengobati sakit mata ini kamu bisa gunakan obat tetes dan salep anti biontik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.

Untuk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar kamu dapat saran dan petunjuk yang tepat. 

2. Sakit mata karena bakteri
Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu.

Mungkin kamu akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yang kamu derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi
Namun jika sakit mati yang kamu alami itu disebabkan oleh alergi, kamu bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Agar mendapat petunjuk perawatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mencegah / mengurangi alergi.

Selain dengan tips diatas, untuk mengurangi sakit mata, anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini :

Lindungi mata dari debu
jangan menyentuh atau mengucek mata berlebihan
kurangi atau bahkan hindari penggunaan make-up
Cucilah tangan dengan sabun sebelum anda menyentuh mata
Jika anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskan dulu.


Obat Alami Sakit Mata 100% Herbal

Ada beberapa cara mengobati sakit mata yang bisa kamu coba, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Cara Mengobati Sakit Mata dengan bawang putih

Pertama cucilah mata anda dengan air bersih
Lalu keringkan dengan handuk bertekstur lembut, kering dan bersih
Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian kupas dan potong bagian ujungnya
Oleskan permukaan bawang putih yang dipotong tadi pada kelopak mata bagian bawah (cara menggunakannya persis seperti saat anda menggunakan eyeliner)
Diamkan beberapa saat hingga mata anda terasa perih dan mengeluarkan air.
Jangan langsung dicuci, bila perlu anda oleskan lagi bawang putih tersebut
Agar tidak mengganggu aktivitas, sebaiknya lakukan cara ini sebelum anda tidur.


2. Cara Alami Mengobati Sakit Mata dengan Daun Sirih

Sediakan 1-3 lembar daun sirih dan cuci hingga benar-benar bersih
kemudian campurkan daun sirih tersebut dengan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih
setelah airnya mendidih, angkat dan tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin
selanjutnya anda saring air rebusan daun sirih tersebut dengan saringan teh
gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area mata yang sakit
atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes langsung


3. Cara Tradisional mengobati sakit mata dengan Air Hangat

Pertama, bersihkan mata anda hingga benar-benar bersih dari kotoran, debu ataupun belek
kemudian kompres mata anda dengan air hangat, ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada mata
hindari nonton televisi saat anda mengalami sakit mata
bila perlu gunakan obat tetes

4. Cara mengobati infeksi mata dengan getah daun patikan kebo

Untuk tanaman yang satu ini, mungkin masih terdengar asing di telinga, padahal tanaman ini banyak ditemui disekitar kita. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :
Ambil 2-3 tangkai tanaman patikan kebo
ambil getahnya 2-3 tetes
Selanjutnya teteskan getah patikan kerbau pada mata yang sakit
lakukan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes.


5. Cara alami mengobati sakit mata dengan jus kentang

Kupas dan cuci bersih kentang
kemudian haluskan dengan blender atau di parut
bungkus dengan kain halus
tempelkan/kompreskan pada mata
diamkan selama 10-15 menit, setelah itu angkat dan bersihkan dengan air


Itulah beberapa cara mengobati sakit mata yang dapat kita coba dirumah. Setelah membaca artikel ini saya harap kamu sudah menemukan apa yang kamu cari yaitu solusi untuk mengobati sakit mata.

Pada artikel selanjutnya saya masih akan menulis artikel tentang sakit mata yaitu mengenai minuman herbal untuk mengobati sakit mata.


1. Pengobatan Alami dengan Bawang Putih

Bawang putih memang banyak fungsinya, bukan hanya untuk bumbu masakan tetapi juga sebagai untuk obat herbal berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sakit mata. 

Menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit mata sebenarnya cukup mudah namun diperlukan kehati-hatian. Cuci dahulu bawang putih agar bersih dan keringkan. Kemudian gunakan handuk yang lembut dan bersih agar bawang putih yang dicuci tetap higienis (terjaga kebersihannya). 

Potong ujung bawang putih dan oleskan bawang putih yang sudah dipotong tersebut pada daerah kelopak mata bawah. Untuk wanita yang sering menggunakan eyeliner, kurang lebih caranya hampir sama. 

Setelah didiamkan, kamu akan merasakan perih pada mata kamu hingga sampai mengeluarkan air. Jika sudah keluar air, oleskan kembali dengan cara yang sama, ingat jangan berlebihan cukup 2 kali olesan saja. 

Karena cara mengobati sakit mata merah dan belekan ini dapat menimbulkan rasa perih dan cukup mengganggu, ada baiknya lakukan saat kamu hendak tidur agar aktivitas harian kamu tidak jadi terhambat.

2. Daun Sirih

Selain bawang putih, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati sakit mata secara alami, tentunya dengan mengolahnya secara tepat. Caranya cukup mudah yaitu gunakan tiga lembar daun sirih dan cuci terlebih dahulu. 

Rebus daun sirih dengan air sampai mendidih, kemudian angkat air daun sirih dan dinginkan. Jika sudah terasa dingin, saring air rebusan menggunakan saringan teh untuk mengambil sari air yang jernih. 

Selanjutnya kamu tinggal menggunakan air sirih yang sudah disaring untuk membasuh area mata yang sakit. Alternatif lain menggunakan obat alami ini adalah dengan meneteskannya pada mata seperti menggunakan obat tetes mata. 

Jika di pikir lumayan rasanya perih benar seperti di putusin pacar hahahaa. Oh iya ingat juga, jangan berlebihan memakai daun sirih sebab bisa membahayakan kesehatan mata.

3. Khasiat Madu untuk Mata

Khasiat madu yang sangat beragam salah satunya dapat digunakan untuk menyembuhkan mata merah atau belekan dengan mudah dan tanpa obat. Gunakan madu murni untuk area mata yang belekan sehari tiga kali hingga mata sehat kembali. 

Cara mengobati sakit mata dan belekan ini sangat mudah karena kamu tidak perlu membuat ramuan apapun, cukup dengan madu saja. Sebelum madu digunakan, area mata yang akan diobati harus dibersihkan terlebih dahulu dengan mengusapnya menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat. 

Dengan begitu kotoran bisa dihilangkan dan pengobatan mata bisa lebih maksimal. Saat menggunakan kapas, jangan berulang-ulang mengusapnya pada mata yang sakit, melainkan satu kali usapan saja setiap satu kapas. 

Jika memang masih diperlukan untuk dibersihkan, gunakan kapas lainnya dan celup kembali dengan air hangat. Kapas yang digunakan berkali-kali dapat membuat kotoran menyebar ke area lain pada mata kamu.

4. Kompres Mata dengan Air Hangat

Mengompres mata dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit mata dan belekan dengan mudah dan sederhana. Cukup kompres area yang sakit dengan air hangat untuk menenangkan area tersebut serta mengurangi rasa sakitnya. 

Seperti biasa mata harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikompres. Cara ini mungkin hanya berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi kamu masih harus menggunakan obat lain sembari sesekali mengompres mata kamu saat dibutuhkan.

5. Getah Daun Patikan Kebo

Percaya atau tidak, getah dari daun patikan kebo ternyata juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit mata dengan cepat. Meskipun masih terdengar asing dan mungkin sulit ditemukan di daerah tempat tinggal kamu. Namun jika kamu menemukannya, gunakanlah untuk mengobati sakit mata. 

Cukup dengan tiga tangkai daun yang diambil getahnya saja dan oleskan getah tersebut pada area mata yang sakit. Cara mengobati sakit mata merah dan belekan ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan dua kali dalam sehari.

6. Mentimun

Mentimun yang diiris dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada mata. Iris mentimun tipis dan letakkan irisannya pada mata kamu. Tahukah kamu, bahwa mentimun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan ini mengandung anti bakteri yang dapat membantu mengurangi gejala sakit mata. 

Dan bukan hanya sekedar mengobati mata saja, mentimun juga dapat mengurangi kantung mata. Jadi sekali menggunakannya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dengan kesegarannya mentimun mampu membuat area sekitar mata menjadi lebih tenang dan nyaman.

7. Jus Kentang

Selain mentimun mengkompres mata dengan jus kentang juga dapat bermanfaat mengurangi rasa sakit dan gejala alergi. Yang pertama-tama kentang dicuci bersih terlebih dahulu kemudian dikupas dan di parut. Jika ingin yang lebih mudah gunakan blender karena memarut kentang cukup memakan waktu yang lama dan sangat membosankan. 

Setelah halus, letakkan kentang di dalam kain halus dan bungkus. Gunakan bungkusan kentang halus tersebut untuk mengompres mata selama beberapa menit sekitar seperempat jam dan bersihkan area mata dengan air bersih. 

Cara menyembuhkan sakit mata merah dan belekan dengan menggunakan kentang ini terbilang sangat mudah dan cukup sederhana. 

Namun, kalau menurut kamu membuatnya menjadi jus atau memarutnya masih terlalu ribet, cukup iris saja kentang tipis-tipis dan gunakan untuk mengompres mata seperti halnya kamu menggunakan mentimun.

8. Susu Murni

Susu murni bukan hanya menyehatkan saat diminum, tapi juga bermanfaat untuk mengatasi mata yang sakit entah itu penyebabnya gara-gara alergi ataupun iritasi debu. Bagaimana langkah-langkahnya? 

Cukup gunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan kapas tersebut pada area mata yang sakit. Tunggu beberapa saat dan lakukanlah secara rutin untuk mengurangi gejala sakit mata. Dan hentikanlah pemakaian tersebut disaat mata mulai terasa kembali normal.

9. Air Mawar

Jika kamu memiliki tanaman bunga mawar di rumah, manfaatkan bunga tersebut untuk menyembuhkan sakit mata kamu. Masukkan bunga mawar ke dalam air dan bersihkan mata dengan air mawar tersebut. 

Cara mengobati sakit mata merah dan belekan ini bisa dilakukan tiga kali dalam sehari. Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan selama persediaan bunga mawar ada di rumah kamu. Dan tentunya tidak di marahin oleh orang tua kamu.

10. Mengurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Saat mata merah dan gatal, obat tetes mata selalu dianggap menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi gejala tersebut. Akan tetapi penggunaan obat tetes mata ternyata tidak baik untuk kesehatan mata kita jika dilakukan terlalu sering dan berkesinambungan. 

Pastikan untuk mendapatkan resep dokter jika ingin menggunakan obat tetes mata. Hindari memilih obat mata yang mengandung antibiotic, kortikosteroid atau pemutih secara sembarangan. Pergi ke dokter dan tanyakan obat yang tepat. 

Pemakaian obat secara sembarangan tanpa resep dan berlangsung lama serta terus menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan mata seperti gangguan, radang, dan kebutaan mata bisa saja terjadi. 

Oleh karena itu berhati-hatilah dalam penggunaannya. Lain halnya dengan menggunakan bahan alami seperti diatas, siapa tahu bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup aman jika kamu lagi malas pergi ke dokter.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur khususnya wortel yang kaya akan vitamin A, sebab ini penting untuk memberikan asupan nutrisi pada mata kita. Selain itu, makan makanan yang sehat dapat memperkuat sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh kita pun menjadi tidak gampang sakit. 

Jadi mulai sekarang perbaiki pola hidup kamu sembari memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat pada mata. Hal ini tentunya dapat menunjang keberhasilan pengobatan yang dilakukan dengan cara mengobati sakit mata merah dan belekan secara alami dan tanpa obat.

BACA JUGA:


Halaman Selanjutnya >>

Subscribe To Get Best Articles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar