Cara Paling Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi


Pilek merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas, penyakit ini biasanya di derita oleh anak- anak. Biasanya virus ini hanya bertahan sekitar seminggu , namun pilek tetap akan membuat sebagian anak merasa sangat menderita. Pada umumnya anak yang terkenal pilek disertai dengan batuk. 

Orang tua mana yang tidak ingin melihat bayinya sehat dan terlihat lincah. Namun segala macam cara agar bayi anda tetap sehat, akan tetap terserang penyakit disaat perubahan iklim dan dalam keadaan fisik yang tidak fit. Jika bayi anda sedang mengalami hidung tersumbat pastinya ibu sangat khawatir. Dengan begitu ibu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi bayi yang sedang flu atau pilek.


                           Memelihara Jantung Agar Tetap Sehat

Ada beberapa tips untuk membuat si kecil nyaman saat terserang flu, diantaranya langkah – langkah dibawah yang umum kami lakukan.

1. Ketika hidung si kecil tersumbat karena pilek, usahakan si kecil tidur pada posisi miring. Langkah ini efektif jika yang hidung yang tersumbat sebelah ( bukan dua – duanya ), jadi jika lubang hidung kiri yang tersumbat maka miring ke kanan dan begitu sebaliknya.

2. Usahakan si kecil tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi dari posisi badannya.

3. Mengoleskan balsem khusus baby ( kami lebih suka pada balsem Transpulmin BB ), pada punggung dan dada sambil dipijat ringan. Si kecil Alen, sangat nyaman jika dipijat sambil diolesi balsem Transpulmin BB pada dada dan punggungnya.

4. Tidak menggunakan AC pada suhu rendah pada saat tidur.

5. Memberikan uap air panas yang telah ditetesi minyak telon akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat. Ada cara yang hampir sama, adalah menciptakan udara yang lembab dikamar dengan menaruh air panas dalam ember pada pojok ruangan yang telah ditetesi minyak telon dan biarkan si kecil menghirup udara lembab yang telah bercampur dengan minyak telon.

6. Memberikan pijatan ringan pada daerah T ( atas hidung dan alis ), dengan menggunakan minyak telon ( ada sebagian orang yang menambah dengan bumbu rempah pala ), juga akan membantu melegakan hidung si kecil yang tersumbat.

7. Memandikan dengan air hangat dan menjemurnya dipanas matahari pagi.

8. Bersihkan hidung si kecil yang beringus dengan menggunakan penyedot ingus ( nasal aspirator ) khusus untuk bayi. Pastikan sebelumnya bersihkan ujungnya dengan tisu yang dibasahi alcohol 70%. 

9. Jangan terlalu dalam dan lakukan dengan lembut agar tidak mengiritasi hidung si kecil.

Tambahan Tips.

1. Lakukan inhalasi (penguapan)
teknik penguapan atau inhalasi menjadi cara yang cukup efektif untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat. Sebab trik ini cukup aman dan tidak menyakiti bayi. Caranya Bunda hanya perlu menyiapkan air panas ke dalam wadah yang kemudian dicampur dengan minyak telon, gunakan uap air panas yang sudah di teteskan minyak telon tersebut untuk mengatasi pilek bayi dengan cara meletakkannya di dekat bayi agar bayi dapat menghirup uap tersebut, atau Bunda bisa membatu bayi untuk menelungkup sehingga wajahnya menghadap wadah air hangat tersebut.

2. Lakukan pemijatan
Untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat Bunda bisa melakukan pemijatan pada hidung bayi dengan lembut, gunakan minyak telon untuk membantu proses pemijitan. Pijat dengan sangat lembut hingga lendir dari hidung bayi dapat keluar. Selanjutnya bersihkan lendir di area hidung bayi dengan menggunakan cotton bud, dalam hal ini kehati-hatian Bunda sangat diperlukan.

3. Berikan bayi kehangatan
Saat Bayi sedang pilek sebaiknya hindari penggunaan AC atau pendingin ruangan, sebab hal itu akan membuat pilek bayi semakin parah. Ada baiknya Bunda menghangatkan Tubuh Bayi dengan cara memandikannya dengan air hangat, kemudian jemur bayi pada pagi hari dibawah sinar matahari. Ketika Bayi tertidur jangan lupa untuk mengoleskan minyak telon di tubuhnya seperti dada, perut dan punggung bayi.

4. Miringkan badan bayi ketika tidur
Memiringkan posisi tidur bayi dapat membantu melegakan pernafasan bayi yang sedang pilek. Jika hidung bayi yang tersumbat sebelah kiri, miringkan posisi tidur ke sebelah kanan begitu pun sebaliknya.dengan cara ini bisa sedikit membantu bayi untuk bernafas. Tapi sebaiknya Bunda usahakan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari badannya.

Halaman Selanjutnya >>

Subscribe To Get Best Articles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar