Memelihara Jantung Agar Tetap Sehat

Jantung merupakan organ vital bagi kehidupan manusia. Manfaat utama jantung adalah mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh dan membawa makanan bagi sel-sel organ tubuh. Selanjutnya, darah akan mengalir kembali ke jantung, lalu dialirkan kembali ke tubuh. Proses ini terjadi secara terus-menerus hingga sampai manusia itu mati.

Gejala Penyakit Jantung
Seseorang kemungkinan besar mengalami serangan jantung (heart attack), karena terjadi kekurangan oksigen atau iskemia miokard pada otot-otot jantung, yaitu jika mengeluhkan adanya nyeri dada atau nyeri hebat di uluh hati(epigastrium), yang bukan disebabkan oleh trauma, terjadi pada laki-laki berusia di atas 35 tahun atau perempuan berusia di atas 40 tahun.

Gejala utamanya serangan penyakit jantung (heart attack) diantaranya :
nyeri yang terus-menerus pada dada
nyeri pada lengan dan rahang
nyeri timbul secara mendadak dan sangat sakit sehingga kerja jantung menjadi tidak efektif, akibatnya pasokan darah ke otot jantung berkurang.
Kondisi tersebut sangat berbahaya, karena jantung hanya dapat berfungsi tanpa pasokan atau kebutuhan ini dalam jangka waktu pendek, hanya sekitar 20 menit.


Tips Agar Jantung Tetap Fit dan Bugar
1. Mengontrol kadar gula darah
2. Mengontrol kadar kolesterol darah
3. Mengontrol tekanan darah
4. Berhenti merokok dan menghindari orang yang merokok
5. Menjaga kegiatan fisik dan berolahraga
6. Menurunkan berat badan jika terjadi obesitas
7. Menyeimbangkan jumlah kalori yang terdapat dengan aktivitas fisik maupun berolahraga
8. Selalu mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur

Penyembuhan Penyakit Jantung Ala Tradisional:

1. Ubi Jalar
Kandungan dari ubi jalar salah satunya adalah penyembuhan penyakit jantung dalam membantu melancarkan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan dan membantu melancarkan sistem peredaran di dalam tubuh karena kandungan zat fotinutrien yang ada di dalamnya. Selain itu juga kandungan fitonutrien di dalam ubi jalar membantu untuk menekan dan mendorong gula darah agar tetap dalam keadaan normal dan bisa menjadi lebih efektif dalam menjauhkan dari penyakit jantung.

2. Buah Avocado
Buah Avocado akan membuat kelambatan penyerapan karotenoid khususnya adalah betakaroren dan likopen. Kedua jenis zat ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena bisa membantu menurunkan kadar kolesterol buruk selain itu juga bisa terus sambil bekerja dalam menaikkan kadar HDL yang ada di dalam tubuh manusia.

Sedangkan penyembuhan penyakit jantung dengan menggunakan obat dokter adalah dibagi dengan 4 golongan yaitu:
1. Obat jantung untuk aritmia
2. Obat jantung untuk angina
3. Obat jantung untuk hipertensi
4. Obat gagal jantung

Pemberian obat jantung pada penyembuhan penyakit jantung ini adalah :
1. Obat jantung antiangina untuk mengatasi masalah angina pectrois.
2. Obat jantung jenis antihipertensi digunakan untuk obat jantung jenis antihipertensi yang bisa membuat pembuluh darah melebarkan arteri, vena atau juga bahka keduanya.
3. Obat jantung aritmia untuk membantu ketidakaturan pada irama jantung.
4. Obat gagal jantung jenis Digoxin yang membantu meningkatkan setiap denyut jantung serta melambatkan denyut jantung yang berdetak dengan terlalu cepat.

Tambahan sedikit dari saya :
1. Stop Merokok
Perokok memiliki peluang sangat besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali. Andapun juga diwajibkan menjauhkan diri dari para perokok, agar tidak menjadi perokok pasif.

2. Batasi Konsumsi Garam
Konsumsi garam yang berlebihan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Sehingga mampu meningkatkan serangan jantung koroner. Anda dapat memulainya dengan mengurangi penggunaan garam pada menu masakan anda sehari-hari.

3. Mulaialah Berolahraga Teratur
Dalam hal ini, bisa dengan berjalan atau berlari santai selama setengah jam atau lebih di pagi hari. Karena selalu aktif bergerak dapat memperkuat organ jantung anda.

4. Sering-sering Tertawa Dan Tersenyum
Berbagai masalah yang memusingkan pikiran bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda. Usahakan meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri seperti menonton acara televisi yang berisi komedi yang akan membuat anda tertawa lepas. (ingat jika ketawa tanpa sebab berarti anda sudah mulai tidak waras atau gila)

5. Luangkan Waktu Untuk Rekreasi
Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berlibur atau bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. Sehingga bisa menyegarkan pikiran yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stres.

6. Stop Dari Alkohol 
Anda juga sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak meminum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman alkohol mampu merusak otot jantung anda. 

7.Perbanyak Buah Dan Sayur-Sayuran 
Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung seperti bayam serta buah alpukat. 

Halaman Selanjutnya >>

Subscribe To Get Best Articles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar