Cara Sederhana Menghilangkan Pusing Kepala Dan Sakit Kepala


Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Hindari cahaya terang
Ketika anda merasa pusing, cobalah untuk menghindari cahaya terang seperti cahaya dari televisi, komputer, atau laptop. Karena cahaya terang bisa menyebabkan anda merasa bingung dan membuat semakin pusing. Cobalah duduk atau berbaring di ruangan yang gelap, atau anda juga bisa menutup mata selama satu atau dua menit.

Duduk atau berbaring
Bila anda merasa pusing ketika berdiri, cobalah duduk atau segera berbaring. Biasanya ini bisa membantu meringankan sensasi berputar.

Bila anda duduk, cobalah meletakkan kepala di antara kedua kaki. Cara ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Tetaplah duduk atau berbaring selama 1-2 menit, atau sampai pusing yang anda rasakan hilang.

Minum air
Kurang minum atau dehidrasi bisa menyebabkan sakit pusing. Karena itu, setelah pusing hilang, perbanyaklah minum air.

Apabila anda tidak bisa minum banyak air putih, maka cobalah minum cairan lain seperti minuman energi, teh panas dengan sedikit gula, sup dan kaldu, atau jus buah yang diencerkan.

Makanlah sesuatu asal jangan makan hati
Selain kurang cairan, penyebab pusing juga bisa karena kadar gula darah yang rendah. Terutama untuk penderita diabetes. Karena itu, saat anda pusing, cobalah makan makanan ringan tinggi karbohidrat atau gula. Sebungkus coklat atau pisang adalah pilihan tepat.

Fokus pada tempat tertentu
Ketika tampil, penari kerap melakukan gerakan berputar. Untuk mencegah pusing, mereka memfokuskan pandangan mata pada satu titik. Teknik yang sama bisa anda tiru ketika pusing. Memfokuskan mata pada tempat tertentu akan membantu indera anda menyadari bahwa anda tidak benar-benar berputar.

Tarik Napas dalam-dalam selama 15 detik
Pusing bisa saja muncul ketika anda mengalami cemas dan stres. Saat cemas, napas menjadi tidak teratur. Jika ini terjadi, cobalah bernapas perlahan dan dalam. Ini akan membantu anda untuk tenang dan mengurangi pusing.



Sedangkan Untuk Pusing Kepala bisa melakukan dengan cara tradisional berikut penjelasan:

1. Air Putih
Dehidrasi dapat menjadi faktor pemicu dan sakit kepala. Nah, apabila anda merasa pusing secara tiba-tiba bisa jadi tubuh anda kekurangan asupan cairan. Cobalah meminum air putih untuk membantu proses terjadinya dehidrasi tubuh. Selanjutnya, biasakan diri untuk minum 8-10 gelas air putih untuk mencegah pusing datang kembali.

2. Teh
Teh merupakan salah satu minuman yang menenangkan. Bahan aktif dalam teh dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran. Jika merasa pusing, cobalah untuk menyeduh teh khususnya teh hitam. Untuk meredakan pusing engan cepat, anda bisa menambahkan beberapa sedikit air perasan lemon ke dalam teh yang akan diminum.

3. Es Batu atau Batu es
Kali ini anda tidak harus di minta untuk mengkonsumsi es batu. Anda hanya perlu menggosokkan es batu ke bagian kepala yang terasa pusing. Sensasi yang luar biasa dingin yang di berikan es batu ini dapat membuat mati rasa sehingga sakit kepala anda hilang seketika.

4. Kopi
Minuman paling populer di dunia yang satu ini mengandung kafein yang lebih banyak dari teh. Kafein dalam kopi terbukti dapat mengobati sakit kepala dan menghilangkan pusing kepala. Cuman, cara menghilangkan pusing dengan kopi ini harus dalam jumlah yang takaran nya wajar. Terlalu banyak minum kopi juga dapat mengakibatkan sakil kepala juga di kemudian hari.

Halaman Selanjutnya >>

Subscribe To Get Best Articles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar